Siskeudes : Panduan Perpajakan Dana Gampong Tahun 2017

Jumat, September 22nd 2017. | Pajak

Pedoman Perpajakan PPN dan PPh pada

Aplikasi Siskeudes

 

Perlu diketahui oleh pengelolaan Dana Gampong (DG) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) seperti Bendahara dan Keuchik Gampong bahwa dalam penggunaan dana desa tersebut tidak luput dari Pajak, DG dan ADG tersebut akan dikenakan berbagai pajak, Seperti Potongan Pajak PPh Pasal 21, Potongan Pajak PPh pasal 22, PPh Pasal 23, dan PPN.

Pajak Daerah DG 2017

Dengan jaman serba teknologi Jumlah Pajak tersebut telah di setting dalam Aplikasi Tata kelola Keuangan Desa atau aplikasi Siskeudes.

Pemahaman Pajak:

PPN adalah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) pajak yang dikenakan atas setiap pertambahan nilai dari barang atau jasa dalam peredarannya dari produsen ke konsumen.Merupakan jenis pajak konsumsi yang dalam bahasa Inggris disebut Value Added Tax (VAT) atau Goods and Services Tax (GST).

Pajak PPh adalah Pajak penghasilan dikenal sebagai Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 25 atau PPh 25 adalah pajak yang dibebankan pada penghasilan perorangan, perusahaan atau badan hukum lainnya. Pajak penghasilan bisa diberlakukan progresif, proporsional, atau regresif.

Pengertian Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2015 adalah pajak atas penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain dengan nama dan dalam bentuk apa pun sehubungan dengan pekerjaan atau jabatan, jasa,

Pajak Penghasilan Pasal 22 (PPh Pasal 22) PPh Pasal 22 atau Pajak Penghasilan Pasal 22 dikenakan kepada badan-badan usaha tertentu, baik milik pemerintah maupun swasta yang melakukan kegiatan perdagangan ekspor, impor dan re-impor.

Seri PPh – Pajak Penghasilan Pasal 23. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 adalah pajak yang dipotong atas penghasilan yang berasal dari modal, penyerahan jasa, atau hadiah dan penghargaan,

Jenis – jenis pajak dan persentasenya:

 

Perpajakan Bendahara Desa

PPN – Pontongan Pajak PPN Pusat untuk Pemotongan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) Adalah 10 % “Pedoman settingan Pajak di APLIKASI Siskeudes.

PPh Pasal 21 – Potongan Pajak PPh Pasal 21 untuk Pemotongan Jumlah Pajak di Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) adalah 5,00 % atau 5 %” Pedoman perpajakan di dalam Aplikasi Siskeudes.

PPh Pasal 22 – Potongan Pajak PPh Pasal 22 untuk Pemotongan Pajak pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong APBG 2017 adalah 1,50% atai 1.5 Persen, Pedoman perpajakan di dalam Aplikasi Siskeudes.

PPh Pasal 23 – Potongan Pajak PPh Pasal 23 untuk Pemotongan APBG tahun Anggaran 2017 tersebut adalah 2,00 % atau 2 Persen “Pedoman perpajakan di dalam Aplikasi Siskeudes.

Lihat gambar dibawah ini:

Pajak dana desa

Siskeudes Pemotongan Pajak dana desa

 

tags: , , , , , ,