Begini Ungkap Ghazali Abbas tentang Pabrik Semen Pada acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV Se-Kabupaten Pidie, di Kecamatan Mila

Kamis, November 2nd 2017. | Aceh, News

Anggota DPD-RI: Pabrik Semen di Pidie Harus Jalan

Beureunuen.com – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ghazali Abbas Adan mengatakan!, Sangat disayangkan bila pembangunan pabrik semen di Laweueng, Kecamatan Muara Tiga, Kabupaten Pidie tidak dilanjutkan cuma karena akibat persoalan sengketa lahan.

 

Gambar Pembangunan Pabrik Semen di Pidie

Acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV se-Kabupaten Pidie, di Kecamatan Mila. (Foto: https://www.facebook.com/fauzi.yusuf.7)

Ghazali Abbas mengatakan, hal tersebut tidak boleh boleh terjadi, dan sangat kita sayangkan jika pembangunan pabrik semen tersebut terhenti, hanya karena persoalan kecil, soal lahan belum bebas. ungkapnya Ghazali Abbas saat mengikuti acara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIV se-Kabupaten Pidie, di Kecamatan Mila.

Persoalan tentang ganti rugi lahan bukan hal yang harus nenjadikan pabrik semen “Terhambat”. “Ini juga tak bagus dan masih banyak jalan keluar yang dapat diselesaikan,” Pungkas Senator asal Aceh ini.

Kehadiran pabrik semen tersebut paling tidak sudah membawa nama pemerintah kabupaten pidie di tingkat nasional dan luar negeri dengan adanya bahan baku semen dan kapur cat di wilayah laweueng Kec, Muara Tiga.

Ditanya pendapatnya soal ribut lahan yang membuat manajemen PT Semen Indonesia Aceh (SIA) tidak berhasrat lagi membuka pabrik semen di Pidie, Ghazali mengatakan persoalan itu sudah hangat dibicarakan di tingkat atas, karena terkait dengan investasi Aceh.

“Kita tidak mau investor lain mundur. PT Semen Indonesia itu adalah BUMN. Masa perusahaan nasional saja dihambat, tentu menjadi persoalan lain bagi orang luar yang mau menanam modal di Aceh pada umumnya,” ungkap Ghazali.

 

Pemenang Juara II Tentang Gampong Terbaik Se Kec. Mutiara

Pemenang Juara II Tentang Gampong Terbaik Se Kec. Mutiara (Foto : https://www.facebook.com/fauzi.yusuf.7)

Masalah tersebut pernah juga disampaikan rekan-rekannya di DPD-RI dan DPR-RI, agar pabrik semen di Pidie bisa berjalan sebagaimana harapan banyak orang Pidie.

Ghazali Abbas kemudian menyatakan akan menyampaikan persoalan pabrik semen ini kepada Bupati Pidie dan Gubernur Aceh, agar harapan masyarakat Pidie terkabul.

Ditambahkannya, disimak dari visi-misi Bupati Pidie, Roni Ahmad atau sering disapa Abusyiek wujud yang sangat jelas ingin membangun Sawah, Kebun (gle) dan Laut di kabupaten pidie. “Ini juga bagus dan terkait di soal membangun Gle,” kata Ghazali.

Zona Industri

Sebagai daerah agraris, sebut anggota DPD-RI ini, Kabupaten Pidie sudah harus memiliki zona industri. Dan, kebutuhan itu sudah di depan mata. Tapi kenapa investor harus ditolak serta dipersoalkan tidak tentu arah anginnya. Padahal, kehadiran pabrik semen akan meningkatkan perekonomian masyarakat, lapangan kerja, PAD Pidie, penambahan pembangunan jalan, serta lainnya.

 

Pemenang Juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna dari Kec. Mutiara

Pemenang Juara 1 Lomba Teknologi Tepat Guna dari Kec. Mutiara Bengkel BJB Gampong Blang Lileue (Foto : FB Fauzi Mutiara)

“Semua pihak yang nempersoalkan masalah lahan harus berpikir jernih dan mencari solusi terbaik dengan tidak mengedepankan kepentingan pribadi dan kelompok,” tuturnya.

Sehari sebelumnya, Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan di Banda Aceh berharap, pabrik semen di Laweueng, Kabupaten Pidie tetap berlanjut. sukses atau tidak pembangunan di daerah tergantung pada sikap kepala daerah di tempat itu sendiri.

 

Sumber : harianandalas.com

tags: , , , , , , , ,